Kamis, Juli 25, 2024

Word Environment Day 2024, DPRKPLH Beberkan 4 Program Straregis

Ciamis, Jabarupdate: Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis, Okta Jabal Nugraha, beberkan 4 program strategis pada perayaan Word Environment Day 2024.

Diketahui, PBB menetapkan Word Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia, jatuh pada tanggal 5 Juni. Pertama kali diperingati pada tahun 1974. Sejak itu WED menjadi sarana untuk menyadarkan seluruh elemen masyarakat global tentang isu-isu lingkungan yang mendesak. Serta mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia.

Okta Jabal Nurgaha mengatakan, acara ini demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi.

“Kemudian pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan,” ungkap Okta.

4 Program Strategis DPRKPLH Ciamis

Kemudian, dirinya membeberkan 4 rencana program strategis yang akan dilakukan yang berkaitan dengan kebijakan Kementerian LHK, dalam melestarikan lingkungan hidup.

“Ada 4 rencana program yang akan kami lakukan berkaitan dengan tema yang Kementerian LHK terapkan,” ucap Okta, Kamis (05/06/2024).

Untuk diketahui, keempat program strategis DPRKPLH diataranya:
• Memantau dan mensosialisasikan terkait Proklim (Program Kampung Iklim)

• Kolaborasi dgn stakeholder, misalnya rencana aksi bersih sungai

• Rencana uji emisi kendaraan bermotor kerjasama dengan Dinas Perhubungan

• Kolaborasi dengan instansi vertikal terkait pelestarian lingkungan hidup.

Okta menyebut keempat program strategisnya, akan dilaksanakan secara kolaboratif, dengan pihak lainya.

“4 program yang akan kami kerjakan semoga semuanya bisa berjalan sesuai dengan harapan dan bisa menjadi kebanggaan DPRKPLH Ciamis,” ujar Okta.

Selain itu, dirinya menjelaskan pentingnya menjaga lingkungan hidup. Hal ini bertujuan demi melestarikan manfaatnya untuk semua lapisan masyarakat.

“Kelestarian lingkungan harus dijaga. Supaya kita bisa tetap merasakan manfaat kelestarian lingkungan. Untuk itu semua elemen masyarakat harus bersama menjaganya. Termasuk dengan melibatkan komunitas lokal dalam proses pengambilan keputusan untuk mengelola dan mengakses sumber daya alam,” pungkasnya.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler