Minggu, April 14, 2024

Workshop Disnakkan Ciamis: Kupas Tuntas Ikan Gurame

Ciamis, Jabarupdate: Dinas peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis gelar workshop dan temu lapang untuk membahas secara mendalam tentang budidaya ikan gurame.

Acara yang bertajuk “Kupas Tuntas Ikan Gurame, Penyakit Permasalahan Lingkungan, dan Solusinya” ini diikuti oleh puluhan petani ikan dan pengusaha perikanan di daerah tersebut.

Workshop yang diadakan di Rumah Surundeng, Kecamatan Baregbeg, Rabu (21/6/2023), menjadi ajang bagi para peserta untuk memperoleh pengetahuan yang lebih luas mengenai budidaya ikan gurame secara efektif.

Disnakkan Ciamis menghadirkan para ahli dan pakar perikanan dari berbagai instansi terkait sebagai pemateri dalam acara tersebut.

Dalam workshop ini, peserta diberikan materi mengenai aspek-aspek penting dalam budidaya ikan gurame.

Mulai dari pemilihan bibit yang baik, pengelolaan kualitas air, pemberian pakan yang tepat, hingga strategi pemasaran yang efektif.

Para pemateri memberikan penjelasan secara detail dan praktis, serta berbagi pengalaman sukses dalam usaha budidaya ikan gurame.

Selain sesi dalam ruangan, acara ini juga melibatkan kegiatan temu lapang di salah satu lokasi budidaya ikan gurame di Kabupaten Ciamis.

Peserta workshop diajak untuk melihat langsung praktik budidaya yang berhasil dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam melalui diskusi dengan petani ikan yang telah sukses dalam usahanya.

Kepala Disnakkan Ciamis, Syarif Nurhidayat menyampaikan, tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan petani pada jenis penyakit dan pengendaliannya.

Workshop Disnakkan Ciamis tersebut juga mengasah keterampilan para petani ikan dalam mengembangkan usaha budidaya ikan gurame.

“Kami berharap melalui workshop ini. Peserta dapat memperoleh pengetahuan yang lebih baik tentang teknik dalam budidaya ikan gurame. Tentunya yang efektif dan inovatif. Dengan begitu, mereka dapat meningkatkan produksi dan kualitas ikan gurame di Kabupaten Ciamis,” ujar dia.

Workshop dan temu lapang “Kupas Tuntas Ikan Gurame” ini mendapatkan respon positif dari peserta.

Mereka menganggap acara ini sangat bermanfaat dan memberikan wawasan baru dalam mengelola usaha budidaya ikan gurame.

Para peserta berharap agar kegiatan serupa dapat terus diadakan guna mendukung pengembangan sektor perikanan di wilayah Ciamis.

Dengan adanya workshop dari Disnakkan ini, diharapkan petani ikan gurame di Ciamis dapat mengoptimalkan usahanya, meningkatkan pendapatan, serta berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan ikan gurame yang terus meningkat di masyarakat.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

- Advertisement -spot_img
ARTIKEL TERKAIT

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler