Kamis, Juli 18, 2024

4 Cara Ampuh untuk Hidup Lebih Sehat, Wajib Tahu Para Penggemar Junk Food

Editor:Hilmi

Ragam, Jabarupdate: Empat cara ampuh untuk hidup lebih sehat, hal ini memang wajib diketahui oleh orang-orang yang menyukai junk food atau lebih dikenal makanan cepat saji.

Junk food merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan makanan dan minuman ultra-olahan. Misalnya, soda, permen, kue kering, dan makanan ringan asin.

Dilansir dari laman kesehatan, junk food yang dimakan terlalu sering dapat membahayakan kesehatan fisik dan juga mental. Mengonsumsi junk food juga menimbulkan obesitas, perlemakan hati, gula darah tinggi, depresi, penyakit jantung, dan menimbulkan kanker.

Oleh sebab itu, melansir dari laman yang sama, ternyata ada tiga cara ampuh untuk hidup lebih sehat.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Protein merupakan nutrisi yang dapat membuat kenyang lebih lama. Para peneliti mengatakan bahwa meningkatkan asupan protein merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi ngemil dan mencegah makan berlebihan.

Dengan mengurangi karbohidrat dan mengganti dengan sumber lemak dan protein dapat membantu mengurangi nafsu makan serta asupan kalori secara keseluruhan.

Mengelola Stres

Mengelola stres memang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Tidak hanya itu, mengelola stres juga memengaruhi dalam memilih makanan.

Ketika seseorang terkena stres akut atau stres jangka penting kebanyakan nafsu makanan berkurang.

Namun, stres kronis umumnya mendorong peningkatan nafsu makan dan asupan makanan yang sangat enak seperti junk food.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup memang penting untuk kesehatan. Hal ini karena saat seseorang kurang tidur akan berdampak negatif pada tubuh serta menambah keinginan untuk makan junk food.

Kurang istirahat dan pola tidur yang terganggu dapat meningkatkan asupan kalori secara keseluruhan seperti, keinginan untuk ngemil dan ingin makan tinggi karbohidrat serta lemak.

Memperbanyak Makanan Sehat

Menurut penelitian, saat seseorang fokus pada sisi positif dari pola makan sehat lebih efektif daripada berfokus pada perlunya menghilangkan junk food.

Semakin banyak mengonsumsi makanan sehat, maka semakin sedikit junk food dan makanan cepat saji yang makan.

Junk food atau lebih dikenal makanan cepat saji memang nikmat untuk dikonsumsi, tetapi ada dampak buruk jangka panjang. Oleh karena itu, mulailah hidup sehat dan menjauh junk food.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler