Sabtu, Juli 20, 2024

Bahaya DBD mulai Menyerang! Begini Cara Ampuh Usir Nyamuk, Cukup Gunakan Bahan Alami

RagamJabarupdate: Bahaya DBD mulai menyerang. Untuk mencegah terkena penyakit ini tentu saja dibutuhkan pencegahan, seperti bahan yang tepat dan ampuh untuk mengusir nyamuk.

Binatang ini merupakan salah satu serangga yang hampir pasti mudah ditemui di seluruh belahan dunia, khususnya di kawasan tropis.

Nyamuk yang dikenal sebagai hewan pemakan darah ini memang kerap kali menjadi salah satu penyebab dari beberapa dari penyakit yang kerap kali menyerang manusia.

Tidak sering pula banyak orang menggunakan berbagai cara untuk mengusir serangga satu ini agar tidak menjadi penyebab penyakit.

Umumnya, cara yang dilakukan menggunakan obat pengusir serangga pabrikan, mulai dari obat oles berbentuk salep, obat nyamuk bakar maupun semprot.

Namun, ternyata ada beberapa bahan alami umum ditemui di sekitar yang memiliki khasiat untuk menghalau atau mengusir nyamuk. Melansir dari berbagai laman, ada beberapa bahan alami yang diketahui ampuh mengusir nyamuk.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh ternyata salah satu bahan alami untuk mengusir nyamuk. Hal ini karena bau dari cengkeh tidak disukai oleh nyamuk. Selain itu, minyak cengkeh bisa digunakan sebagai obat nyamuk atau pengusir nyamuk alami.

Menurut para peneliti, minyak cengkeh cukup efektif menghalau nyamuk dalam kurun waktu 4-5 jam saat digunakan.

Caranya adalah dengan mencampurkan 2-3 tetes mintak cengkeh ke dalam air sebanyak 150 ml. Kemudian, campuran minyak cengkeh bisa mengoleskan ke badan atau menyemprotkan beberapa sudut ruangan yang sering dihinggapi nyamuk.

Batang Serai

Serai merupakan salah satu tanaman yang kerap kali digunakan sebaga bumbu dapur atau obat-obatan. Ternyata batang serai juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk secara alami.

Serai mengandung senyawa berbentuk cairan atau minyak yang disebut citronella. Minyak inilah yang ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk.

Cara sederhana yang bisa memanfaatkan batang serai untuk obat nyamuk adalah dengan membakar 1-2 serai. Kemudian batang serai ruangan. Asap sisa pembakaran tersebut memiliki efek untuk mengusir nyamuk secara alami.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler