Selasa, April 16, 2024

Coco Gauff Keluar Sebagai Juara US Open 2023

OLAHRAGA, Jabarupdate: Petenis asal Amerika Serikat, Coco Gauff menyabet gelar Grand Slam perdananya pada US Open 2023 setelah menang pada partai final melawan Aryna Sabalenka.

Petenis yang baru 19 tahun itu, berhasil mengalahkan unggulan kedua pada Minggu (10/9/2023) dinihari di Arthur Ashe Stadium.

Gauff sempat tertinggal di set pertama dan mengalami kekalahan. Kemudian berhasil bangkit di set kedua dan ketiga sekaligus memenangi pertandingan dengan 2-6, 6-3, 6-2.

Sebuah pukulan backhand yang memastikan kemenangan Gauff di champioship point, membuat petenis Amerika Serikat itu merayakan kemenangan sembari menjatuhkan badanya ke arah lapangan.

Berhasil menjuarai US Open 2023, ranking Gauff tentunya naik menjadi ranking 3. Sementara bagi Aryna Sabalenka harus menunggu terlebih dahulu untuk mendapatkan gelar Grand Slam yang keduanya setelah menjuarai Australia Open 2023.

“Aku tidak menyangka akan memenangkannya pada laga kali ini, aku benar-benar terkejut” ucap Gauff.

Kemengan ini sangat berarti bagi Gauff, untuk mendorong semangatnya. Pasalnya dia sempat merasa putus asa setelah tersingkir di French Open tahun lalu.

Namun, dia berhasil bangkit lebih kuat untuk memenangkan gelar Washington dan Cincinnati sekaligus memenangkan gelar terbesarnya.

“Bagi saya ini adalah momen yang paling manis selama berkarir, setelah kalah beruntun di turnament sebelum-sebelumnya” katanya.

Coco Gauff menjadi atlit AS pertama yang berhasil meraih gelar di turnament besar di Negara sendiri. Sejak Serena Williams tahun 1999.

Keluar sebagai juara, Gauff mendapat hadiah uang sebesar 3 juta dolar AS setara dengan Rp 46.145.100.000. Untuk runner-up mengantongi hadiah sebesar 1,5 juta dolar AS setara dengan Rp 23.072.550.000.

US Open 2023 kali ini sekaligus memperingati 50 tahun kesetaraan hadiah antar perempuan dan laki-laki. Tuntutan tersebut di cetuskan sang legenda tenis Billie Jean King.

Title US Open 2023 sektor putri yang dimenangi Coco Gauff, kini giliran menunggu di sektor putra yang mana Daniil Medvedev unggulan ketiga akan ditantang Novak Djokovic unggulan kedua pada laga final Senin (11/9/2023) dinihari WIB.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

- Advertisement -spot_img
ARTIKEL TERKAIT

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler