Rabu, Juli 17, 2024

Desa Jalatrang Kuningan Serius Atasi Masalah Stunting

Kuningan, Jabarupdate: Desa Jalatrang yang terletak di Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan, menggelar Rembug Stunting pada Kamis (30/05/2024) lalu.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak mulai dari perangkat desa, Kader Pembangunan Manusia (KPM), Kader Posyandu, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya yang memiliki peran penting dalam penanganan masalah stunting serta peningkatan kesehatan lima layanan konvergensi stunting di Desa.

Rembug Stunting di Desa Jalatrang, Kabupaten Kuningan merupakan forum diskusi terbuka yang bertujuan untuk mengatasi masalah stunting yang masih menjadi perhatian serius di banyak daerah di Indonesia.

Kepala Desa Jalatrang, Nana Suparna, A.Ma., Pust, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dan perlu dilaksanakan setiap tahunnya guna mengevaluasi sejauh mana penanganan layanan konvergensi stunting di Desa.

“Stunting, atau pertumbuhan terhambat pada anak, menjadi isu yang perlu ditangani secara serius karena dapat berdampak pada kualitas kehidupan anak hingga masa dewasa,” kata Nana.

Oleh karena itu, lanjut dia, desanya berkomitmen untuk menggelar rembug ini setiap tahun, sehingga kegiatan ini mampu memberikan solusi dan penanganan yang tepat.

Musdedi, selaku Sekretaris Desa Jalatrang, mengungkapkan bahwa kegiatan Rembug Stunting ini digelar dengan menghadirkan pihak-pihak terkait, mulai dari perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kader Pembangunan Manusia (KPM), bidan desa, dan lainnya.

“Kami buat kegiatan ini dengan pola diskusi bersama dengan melibatkan semua unsur, kemudian mereka membahas lima layanan dasar konvergensi stunting desa. Nantinya, usulan itu akan kami bahas dan jadi salah satu acuan untuk Musrenbang Desa,” jelas Musdedi.

Nampak hadir dalam kegiatan ini Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, yang turut memandu jalannya Rembug Stunting sehingga hasilnya nanti dapat betul-betul tepat sasaran dan mampu secara signifikan menurunkan angka stunting di Desa.

Dengan diadakannya Rembug Stunting ini, Desa Jalatrang menunjukkan komitmen serius dalam mengatasi masalah stunting.

Melalui kolaborasi berbagai pihak dan evaluasi tahunan, diharapkan angka stunting di Desa Jalatrang dapat menurun dan kualitas hidup anak-anak di desa ini dapat meningkat.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler