Di Bawah Shin Tae-yong, Rangking Timnas di FIFA Merangkak Naik

Rangking Timnas di FIFA
Shin Tae-yong Membuat Rangkin Timnas di FIFA terus Naik/PSSI

Olahraga, Jabarupdate: Semenjak Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas sepak bola Indonesia rangking di FIFA merangkak naik ke posisi 155.

Hampir empat tahun pria berkebangsaan Korea Selatan melatih Timnas Indonesia. Ia punya perjalanan yang tidak mudah untuk mengubah kultur sepak bola Indonesia.

Banyak kritikan pedas yang sering ia terima selama melatih Timnas Garuda. Namun demikian, Shin Tae-yong tidak tenggelam oleh kritikan itu.

Dia tetap mampu memberikan prestasi yang patut dibanggakan oleh para penikmat sepak bola di Tanah Air.

Ibarat sutradara, pelatih yang lahir pada 11 Mei 1970 tersebut selalu menghadirkan cerita yang menarik. Setiap kali timnas Indonesia tampil, terutama dalam mencatatkan prestasi hingga mendongkrak peringkat di FIFA merangkak naik.

Per September 2021, Timnas Indonesia hanya mampu menempati posisi ke-175, peringkat FIFA. Kemudian prestasi dan tren yang positif terus dilakukan hingga mampu naik posisi pada bulan Oktober. Tepatnya ketika mereka menghadapi Taiwan di Playoff kualifikasi Piala Asia 2023.

Pada November 2021, Indonesia sempat mengalami penurunan satu anak tangga ke posisi 166 di Peringkat FIFA usai dikalahkan 0-1 oleh Afghanistan.

Namun setelah itu, mereka rangking Timnas kembali naik karena berhasil mendapatkan rentetan positif di laga uji coba dan Piala AFF 2020.

Indonesia yang meraih posisi Runer-up di ajang tertinggi sepak bola Asia Tenggara itu berhasil meraih lima kemenangan. Dan tiga hasil imbang, didapat dari lawan yang berada di atasnya.

Dengan itu, akhirnya Indonesia berhasil naik dua tingkat ke posisi 164 di akhir Desember 2021.

Kemudian, pada Januari 2022 Indonesia mampu menempati posisi 160 setelah mengalahkan Timor Leste di ajang FIFA Macthday.

Sekarang ranking Indonesia di FIFA terus merangkak naik. Yang terbaru, Indonesia naik ke urutan 155.

Kemenangan itu, tak hanya memperbaharui ranking saja, Shin Tae-yong juga berhasil mengantarkan Timnas Garuda lolos ke Piala Asia 2023.

Meskipun rangking Timnas Indonesia di FIFA terus merangkak naik, namun jika diakumulasikan dengan negara lain yang berhasil lolos di dalam ajang Piala Asia 2023. Indonesia merupakan Negara dengan ranking terendah dari tim yang masuk ke dalam kancah tingkat Asia tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article
Hina pemerintah

RKUHP, Hina Pemerintah akan Dibui Hingga 4 Tahun

Next Article
Bobotoh Ricuh Jelang Laga Persebaya VS Persib

Bobotoh Ricuh Jelang Laga Persebaya VS Persib

Related Posts
Total
1
Share