Elon Musk Beli Twitter Seharga Rp 643 Triliun, Pengaruhi Koin Kripto

Elon Musk Beli Twitter
Percakapan Elon Musk dan Dave di Twitter 2017 silam/Net

Ragam, Jabarupdate: CEO Tesla Elon Musk resmi beli Twitter dengan harga Rp 634 triliun atau 44 miliar dollar AS pada (26/4/2022).

Namun, setelah pendiri SpaceX ini membeli Twitter, platform media sosial ini akan menjadi perusahaan privat, bukan lagi perusahaan publik yang melantai di bursa saham AS seperti sekarang.

Dikutip CNN, sekarang para pemegang saham akan menerima 54,20 dollar AS atau sekitar Rp 750.000 secara tunai untuk per saham Twitter yang mereka miliki.

Angka tersebut sesuai penawaran yang diajukan Musk dan merupakan 38 persen dari premi harga penutupan saham Twitter pada 1 April. Atau hari perdagangan terakhir sebelum Elon Musk mengungkap kepemilikan sahamnya terhadap Twitter awal bulan lalu.

Demi membeli saham Twitter ini, dikabarkan bahwa Elon Musk rela mengambil utang dan pembiayaan ekuitas atau equity financing senilai US$46,5 miliar atau setara Rp 670,39 triliun.

Orang terkaya di dunia versi Forbes ini, menjadi pemilik Twitter 100 persen. Ia mempunyai tujuan untuk mengubah perusahaan menjadi korporasi tertutup.

Elon Musk juga berjanji akan menyulap Twitter ini menjadi sosial media yang menganut kebebasan bicara.

Padahal, sebelum memutuskan untuk beli 100 persen saham Twitter, Elon Musk berencana hanya membeli 9,2 persen.

Tetapi dia menawarkan pembelian keseluruhan dari saham Twitter. Hal tersebut diungkapkan Jack Dorsey, co-founder atau mantan CEO Twitter.

Padahal, kata Dorsey, dengan 9,2 persen saham saja Musk sudah bisa menjadi pemilik terbesar saham Twitter. Melampaui dirinya.

Memiliki 100 persen saham Twitter, ia berjanji akan menjadikan media sosial berpengikut lebih dari 200 juta orang ini sebagai wadah kebebasan berbicara. Ia akan merombak aturan agar lebih longgar.

Setelah Elon Musk beli saham Twitter pasar aset kripto terpengaruh, yang mulai tampak cerah pada pagi ini, Selasa (26/4/2022).

Hal ini dilansir dari Coinmarketcap. Bahwa 8 dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir.

Nilai kripto paling berkilau yakni Dogecoin atau DOGE. Lonjakannya pun hingga 18,6 persen di posisi 0,15 dollar AS, atau setara dengan Rp 2.164.

DOGE ini pernah diendorse secara langsung oleh Elon Musk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article
Kohati Badko HMI Jabar

Indonesia Darurat Kekerasan Seksual, Kohati Badko HMI Jabar Tingkatkan Kewaspadaan

Next Article
Partai Mahasiswa Indonesia

Keberadaan Partai Mahasiswa Indonesia Menuai Kritik

Related Posts
Total
1
Share