Jumat, Juli 19, 2024

Euro 2024: Purtugal Pastikan Lolos Fase Grup Usai Kalahkan Turki 3-0

Editor:Hasby Agni

Olahraga, Jabarupdate: Dalam laga lanjutan fase grup Euro 2024, Portugal berhasil kalahkan Turki dengan skor telak 3-0. Laga yang berlangsung di Signal Iduna Park, Dortmound, Jerman pada Sabtu malam 22 Juni, 2024 WIB ini mengantarkan Selecao das Quinas ke babak 16 besar.

Portugal bisa unggul lebih dulu di babak pertama lewat tendangan Bernardo Silva. Lalu, Gol bunuh diri Samet Akaydin membuat Turki semakin terpuruk. Di babak kedua pun, Cristian Ronaldo dan kawan-kawn masih mampu menjauhkan keunggulan lewat gol yang dicetak oleh Bruno Fernandes.

Dengan hasil ini, Portugal bertengger di puncak klasemen Grup F sekaligus memastikan tiket ke babak 16 besar dengan enam poin. Turki berada di bawah Portugal dengan raihan tiga poin. Laga di Grup F lainnya antara Ceko dan Georgia berakhir imbang 1-1. Maka, Turki harus memenangkan babak terakhirnya melawan Ceko demi mengamankan tiket ke babak 16 besar.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama berlangsung seru. Sejak menit pertama, kedua tim saling mencoba untuk mendominasi lapangan dan meluncurkan serangan. Namun, hinga menit ke-20 tak ada serangan dari kedua tim yang begitu berarti.

Barulah di menit ke-21, pemain andalan Manchester City, Bernardo Silva berhasil membobol gawang Turki yang dijaga oleh Altay Bayindir. Gol bermula dari Nuno Mendes yang menusuk dari sisi kiri. Ia lalu mengirimkan bola ke dalam kotak penalti yang tak mampu dihalangi oleh para pemain belakang Turki. Umpan Mendes langsung ditendang ke arah kanan gawang tanpan mampu ditepis.

Tak perlu waktu lama bagi Portugal untuk menggandakan keunggulan. Berawal dari serangan Joao Cancelo, ia melepas bola ke depan yang ditujukan untuk Ronaldo. Namun, miskomunikai terjadi di antara mereka berdua, Ranaldo malah berlari ke arah yang tidak sesuai dengan bola.

Bola pun aman berada di kaki Samet Akaydin. Akan tetapi, miskomunikasi juga terjadi di kubu Turki. Saat Bayindir sudah melangkan ke depan gawang, Akaydin justru memberikan umpan ke belakang gawang. Bayindir yang tersadar bahwa bola tak mengarah kepadanya segera mengejarnya, tetapi bola terlanjur melewati garis gawang.

Turki tak mampu membalas hingga babak pertama berakhir. Skor 2-0 bertahan untuk keunggulan Portugal di babak pertama.

Di babak kedua Turki kemballi memberanikan diri untuk menyerang, tetapi malah Portugal yang kembali mencetak Gol. Gol itu berasal dari Ronaldo yang terbebas dari jebakan offside. Meskipun, berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang, ia tak egois dengan mengoper bola ke Bruno Fernandes yang langsung menjebol gawang dengan mudah.

Skor 3-0 berakhir hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir dibunyikan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler