Jumat, Februari 23, 2024

Investasi di Jawa Barat Nomor Satu, Jokowi Apresiasi Kinerja Ridwan Kamil

JAWA BARAT, Jabarupdate: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol yang dibangun di Jawa Barat, tepatnya di jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak.

Hadir mendampingi sambutan Jokowi, Ridwan Kamil memberikan reaksi unik kepada Presiden Republik Indonesia dua periode itu.

Ia mengacungkan jempol saat presiden mengatakan bahwa Jawa Barat memperoleh peringkat 1 realisasi investasi di Indonesia.

Sontak saat Jokowi mengungkapkan pernyataan tersebut, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, mengacungkan jempol di belakangnya.

“Jawa Barat adalah provinsi terbaik dalam segi investasi,” ujar Presiden.

Hal tersebut terlihat saat Presiden Joko Widodo meresmikan ruas tol Bocimi Seksi II pada, Jum’at (4/8/23)

Banyaknya ruas jalan tol yang dibangun membuat tingkat investasi di Jawa Barat sangat tinggi.

“Perlu kita ketahui, jalan tol yang oaling banyak di bangun ada di Jawa Barat,” ucap Presiden Republik Indonesia.

Jokowi menceritakan pengalaman horornya saat dirinya melewati jalan Jakarta-Sukabumu, tepatnya di ruas Cigombong-Cibadak.

Ia memaparkan bahwa dirinya bersama rombongan harus rela mengantri selama 6 jam di tengah jalan karena terkena macet total.

Jalan tol yang dibangun sepanjang 11,9 Km itu menurut Jokowi akan meningkatkan investasi.

Hal itu disebabkan karena lembangunan jalan tol dapat mempercepat mobilitas logistik dan orang.

“Jalan tol yang dibangun di jawa Barat akan menghasilkan investasi yang signifikan,” terang Jokowi.

Diketahui Jawa Barat menduduki peringkat realisasi investasi tertinggi versi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebanyak Rp. 53,7 triliun.

Sementara itu peringkat kedua adalah DKI Jakarta sebanyak Rp 43 triliun dan peringkat ketiga adalah Jawa Timur dengan total investasi Rl 31,1 triliun.

Diketahui selain mendampingi Jokowi dalam meresmikan ruas tol Bocimi Seksi II, Gubernur Jawa Barat itu mendampingi Presiden saat uji coba LRT Jabodetabek.

Dalam pandangan lain Agung Baskoro selaku Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis kebersamaan Jokowi dan Ridwan Kamil tidak sebatas rekan kerja antara presiden dan gubernur.

Ia menuturkan bahwa kedekatan yang diperlihatkan oleh Presiden RI itu merupakan upaya endorsement Jokowi kepada Kang Emil.

Agung menerangkan, Ridwan Kamil adalah salah satu dari tiga gubernur Jawa yang mempunyai kedekatan secara personal dengan Joko Widodo.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler