Jumat, Februari 23, 2024

Kesbangpol Ciamis Membentuk Generasi Berkarakter Melalui Pendidikan Ideologi Pancasila

Ciamis, Jabarupdate: Dalam upaya untuk membentuk generasi berkarakter sesuai nilai-nilai Pancasila, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan edukatif, Kamis (1/6/2023).

Acara yang melibatkan anggota Paskibraka ini bertujuan untuk membina dan menguatkan pemahaman ideologi Pancasila yang menjadi landasan bagi perjuangan bangsa Indonesia.

Kepala Kesbangpol Ciamis, R Yadi Tisyadi menjelaskan bahwa tema kegiatan tersebut adalah ‘Refleksi Hari Lahir ke-78 Pancasila’. Acara ini pun berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat.

Hal ini merupakan langkah penting dalam memastikan generasi muda memiliki pemahaman yang mendalam tentang ideologi Pancasila dan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Ia menyampaikan, pihaknya ingin memastikan bahwa generasi penerus di Ciamis ini memiliki pemahaman yang kuat tentang nilai-nilai Pancasila dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Semsntara, Paskibraka sebagai pemuda-pemudi pilihan juga harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang Pancasila sebagai identitas nasional Indonesia.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan dalam program ini termasuk lokakarya mendalam tentang sila-sila Pancasila, diskusi kelompok mengenai tantangan dan peluang dalam menerapkan ideologi ini.

Selain itu, anggota Paskibraka juga diajak untuk berinteraksi dengan tokoh-tokoh masyarakat Tatar Galuh imi yang memiliki pengalaman dalam mempertahankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hadir pula Fasilitator Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) H Asep Nurwanda sebagai narasumber. Kemudian Pejabat Fungsional BNN Kabupaten Ciamis Yudi Sukmayadi.

Paskibraka Apresiasi Kesbangpol Ciamis dalam Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter

Salah seorang anggota Paskibraka mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan ini.

Dia mengaku merasa terhormat dapat belajar langsung dari para tokoh dan mendalami makna Pancasila.

Harapannya, semoga apa yang peserta pelajari dapat dipraktikan dalam tugas sebagai Paskibraka dan sebagai warga negara Indonesia.

Ia juga berharap, melalui upaya kolaboratif ini, anggota Paskibraka Kabupaten Ciamis dapat menjadi agen perubahan yang membumikan dan memperkuat nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakat.

Kesbangpol Ciamis pun berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan dan membentuk generasi muda Tatar Galuh yang berkarakter.

Adanya program pendidikan ini, anggota Paskibraka Kabupaten Ciamis bakal mampu menjadi teladan dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan menjadikan ideologi tersebut.

Yakni sebagai pedoman dalam berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan menjaga keutuhan negara.

Kesbangpol Ciamis akan berkomitmen untuk terus mendukung generasi muda dalam mengembangkan karakter dan semangat cinta tanah air yang tinggi.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler