Minggu, Juli 21, 2024

Menyehatkan Pencernaan! Intip Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

Ragam, Jabarupdate: Menyehatkan pencernaan, ternyata ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan ketika mengonsumsi oatmeal. Saat ini oatmeal menjadi menu makanan populer saat ini.

Hal ini karena oatmeal merupakan menu makanan yang paling praktis untuk sarapan. Tidak hanya itu, cara membuat oatmeal untuk sarapan pun cukup mudah.

Melansir dari laman kesehatan, semangkuk oatmeal mengandung banyak manfaat baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, mari simak penjelasannya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Masih melansir dari laman yang sama, oatmeal memiliki kandungan anti-oksidan tinggi yang baik bagi tubuh. Hal ini ternyata berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Oleh karena itu, para dokter menyarankan untuk mengonsumsi oatmeal dalam jumlah yang tepat dan rutin agar dapat menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pada oatmeal terdapat serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh. Ketika seseorang mengonsumsi semangkuk oatmeal, serat pada oatmeal akan bekerja sama dengan bakteri baik yang hidup di usus untuk memproduksi mikrobioma yang dapat melancarkan proses pencernaan.

Oleh karena itu, bila Anda merasa tengah memiliki masalah pencernaan dan ingin menjaga kesehatan pencernaan, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi oatmeal sebagai makanan sehari-hari.

Menurunkan Risiko Obesitas

Tidak hanya menjadi salah satu menu praktis yang lezat, oatmeal digunakan sebagai pilihan makanan untuk orang-orang yang tengah menjalani diet.

Hal ini karena serat dalam oatmeal memiliki fungsi yang berbeda dibanding serat pada menu makanan lainnya.

Serat dalam semangkuk oatmeal berfungsi sebagai sumber energi yang mudah larut sekaligus mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.

Selain itu, oatmeal dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Hormon kenyang ini terbukti menyebabkan berkurangnya asupan kalori serta dapat menurunkan risiko obesitas.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurut penelitian, oatmeal memiliki serat yang sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol total. Serat pada oatmeal ini bekerja untuk membersihkan kolesterol yang menumpuk di dinding arteri.

Kadar kolesterol dalam tubuh harus diperhatikan secara berkala karena dapat memicu bahaya penyakit jantung di kemudian hari.

Meski tampak sederhana, ternyata oatmeal juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan yang baik untuk jangka panjang.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler