Minggu, April 14, 2024

Pegiat Seni di Sukadana Ciamis Dukung Gus Muhaimin Iskandar jadi Presiden 2024

Ciamis, Jabarupdate: Sejumlah pegiat seni dan budaya di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis berkumpul untuk menyatakan dukungan mereka kepada Gus Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang.

Acara yang digelar di Sanggar Seni Singa Lugay Sukadana, Sabtu (24/6/2023), ini tidak saja sedang latihan rutin. Kali ini mereka memberikan dukungan kepada Gus Muhaimin Iskandar.

Koordinator Pegiat Seni Budaya Desa (PSBD) wilayah Ciamis Utara Iwang Rusniawan Aditya menyampaikan, dukungan tersebut diberikan bukan tanpa alasan.

Menurutnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini telah banyak berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara melalui pengembangan seni dan budaya.

Khususnya, lanjut dia, Gus Muhaimin sangat perhatian pada kemajuan desa dan masyarakat perdesaan.

Salah satu alasan kuat yang mendukungnya adalah komitmen Gus Muhaimin dalam memajukan desa-desa di Indonesia melalui program yang diinisiasi penambahan dana desa sebesar Rp 5 miliar.

“Mendukung Gus Muhaimin Iskandar maju di Pilpres. Bukan saja cita-citanya memperjuangkan Dana Desa Rp 5 Miliar per desa. Tapi jelas terlihat selama ini kontribusinya terhadap desa,” ujar Iwang.

Iwang menyampaikan, saat ini dengan Dana Desa yang diterima, masing-masing pemerintahan desa terlihat masih fokus pada pembangunan sarana dan prasarana fisik.

Sementara untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) termasuk bidang seni dan budaya masih minim perhatian pemerintah desa.

“Sehingga, para pegiat seni budaya tradisional. Yang ada di desa saat ini. Seperti mati suri. Karena kami minim aktivitas sebagai akibat kurangnya apresiasi masyarakat terhadap seni budaya tradisi warisan leluhur,” beber Iwang.

Menurut dia, apabila ada penambahan dana desa itu maka memberikan dukungan yang nyata dan signifikan kepada desa-desa di seluruh Indonesia.

Dana desa tambahan ini tidak hanya akan digunakan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, tapi juga meningkatkan kualitas SDM desa khususnya dalam seni dan budaya.

“Dengan adanya dana desa yang lebih dari cukup itu, pembangunan SDM terkhusus bidang seni budaya, diharapkan mendapatkan porsi perhatian yang baik. Mulai peningkatan kapasitas pegiat seni dan budayanya,” kata Iwang.

Selain itu, penambahan dana desa pun akan meningkatan apresiasi masyarakat, termasuk edukasi dan penanaman karakter manusia berbudaya kepada anak-anak sejak usia dini di sekolah dasar dan lanjutan.

Gus Muhaimin Iskandar Berikan Solusi Terhadap Keresahan Desa

Menurut Iwang, Gus Imin mampu menguraikan langkah-langkah konkrit yang akan diambil untuk memperbaiki kondisi desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Keresahan desa saat ini, mulai mendapatkan solusi. Setelah adanya sepak terjang Gus Muhaimin selama ini. Termasuk wacana ikhtiar perjuangannya menjadikan dana desa Rp 5 miliar per desa kelak,” papar Iwang.

Gus Muhaimin yang lahir sebagai santri desa, kata Iwang, sangat wajar memahami dan mempunyai mimpi untuk melakukan percepatan pembangunan di desa.

Salah satunya dengan mendukung penuh pemerintah pusat atas lahirnya kebijakan dana desa dan pengelolaannya.

Pemerintah Desa sendiri menurut Iwang, bisa melahirkan sebuah kebijakan khusus demi geliat kehidupan seni budaya tradisi. Misalnya, dengan menerbitkan Peraturan Desa (Perdes) Kewajiban setiap elemen masyarakat untuk lebih mendahulukan apresiasi seni budaya.

Disamping itu, lanjut dia, Pemerintah Desa juga bisa mengeluarkan kebijakan terkait kurikulum seni budaya tradisi sebagai Pelajaran Mulok atau sebatas ekstrakulikuler di sekolah-sekolah yang ada di wolayah desa setempat.

Terakhir, Iwang dan para pegiat seni budaya desa yang tergabung di PSBD mendukung sepenuhnya dan mendoakan kelancaran perjalanan Gus Muhaimin Iskandar menuju kursi RI 1 atau RI 2 di 2024 nanti.

“Tentunya, kelancaran seluruh perjuangan dan ikhtiarnya dalam memperhatikan pembangunan desa terkhusus bidang seni budaya tradisi,” ujar Iwang.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

- Advertisement -spot_img
ARTIKEL TERKAIT

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler