Kamis, Juli 18, 2024

Pemdraprov Menggelar Operasi Pasar Bersubsidi Menjelang Idul Adha 2024

Editor:Hasby Agni

Jawa Barat, Jabarupdate: Menjelang hari raya Idul Adha yang tinggal hitungan hari, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menggelar Operasi Pasar Bersubsidi (Opadi) di sejumlah daerah. Daerah tersebut adalah Kota Cirebon, Banjar, Bekasi, dan Tasikmalaya. Selain itu, Opadi juga digelar di beberapa kabupaten, seperti kabupaten Tasikmalaya, kabupaten Cirebon, kabupaten Karawang, kabupaten Subang, kabupaten Purwakarta, kabupaten Garut, kabupaten Ciamis, kabupaten Indramayu, kabupaten Kuningan, dan kabupaten Bekasi.

Bey Machmudin selaku Pejabat Gubernur Jawa Barat menyempatkan diri untuk meninjau salah satu Opadi yang berada di Kota Cirebon. Ia mengunjungi pasar yang bertempat di halaman kantor Jagasatru, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon ini pada hari Sabtu, 15 Juni 2024.

Sesuai namanya, kehadiran pasar ini adalah untuk memberi subsidi kepada para pembeli. Para pembeli bisa mendapatkan berasa 5 kilogram, minyak premium 2 liter, dan gula premium kemasan SNI 2 kilogram hanya dengan harga Rp100.000. Biasanya, tiga barang tersebut berharga Rp145.700 jika dibeli di pasar biasa. Dengan kata lain, pemerintah memberi subsidi dengan jumlah total Rp45.700.

“Jadi, dengan Opadi ini masyarakat bisa membeli kebutuhan pokok 5 kilogram beras dan 2 kilogram gula juga 2 liter minyak goreng seharga Rp100.000 yang biasanya Rp145.700,” ucap Pj Gubernur Jabar terebut, dilansir dari laman jabarprov.go.id.

Masyarakat menyambut kehadiran Opadi dengan sangat antusias. Sejak pukul 8 pagi, Masyarakat terpantau memenuhi halaman kantor kelurahan Jagasatru.

Dalam kunjungan tersebut, Bey Machmudin juga menyampaikan bahwa tujuan digelarnya Opadi oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat adalah untuk menekan kenaikan harga yang biasa terjadi menjelang hari raya, seperti hari raya Idul Adha. Dalam mengantisipasi hal tersebut, masyarakat bisa langsung datang ke Opadi untuk menghindari kenaikan harga. Dengan demikian, masyarakat tak perlu merasa khawatir karena mereka bisa membeli kebutuhan pokok dengan harga murah.

“Untuk menekan inflasi, kita tahu menjelang Idul Adha biasanya harga naik, makanya Opadi ini supaya masyarakat bisa membeli dengan harga murah,” kata Bey Machmudin.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler