Kamis, Juni 20, 2024

Persib Juara Liga 1 Usai Kalahkan Madura United

Editor:Hasby Agni

Olahraga, Jabarupdate: Persib Bandung berhasil memenangkan trofi BRI Liga 1 musim 2023/2024 setelah mengalahkan Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Madura. Pertandingan yang berakhir 3-1 untuk keunggulan Persib itu berlangsung pada Jumat malam, 31 Mei 2024. Gol dari kubu Persib dicetak David da Silva, Marc Klok, dan Beckham Putra, sedangkan Slamet Nurcahyono menjadi satu-satunya pencetak gol bagi Madura United.

Dengan hasil tersebut, Maung Bandung resmi meraih trofi liga kasta tertinggi di Indonesia yang ketiga kalinya. Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak juga mencatatkan namanya sebagai pelatih asing pertama yang berhasil membawa Persib sebagai juara.

Sementara itu, Madura United harus merasa puas dengan hasil tersebut dan menjadi juara kedua. Di sisi lain, pertandingan perebutan juara ketiga yang mempertemukan Bali United dan Borneo FC berhasil dimenangkan oleh Borneo FC dengan agregat 4-2. Bali United mencetak dua golnya lewat kaki Elias Dolah dan Irfan Jaya, sedangkan Borneo FC mendapatkan empat gol lewat Wiljan Pluim dan Felipe Cadenazzi yang masing-masing menciptakan dua gol.

Jalannya Pertandingan

Seperti di leg pertama, Madura United berhasil menguasai lapangan hijau sejak peluit pertama dibunyikan. Skuad asuhan Rakhmat Basuki itu menekan lini pertahanan Persib dengan umpan silang dan umpan terobosannya.

Akan tetapi, benteng pertahanan Persib yang diisi Rezaldi Hehanussa, Henhen Herdiana, Nick Kuipers, dan Alberto Rodriguez berhasil menyapu berbagai serangan dari Madura United. Umpan-umpan lambung yang diarahkan ke kotak penalti Persib banyak dihalau oleh Kuipers yang berpostur tinggi.

Tak banyak peluang emas tercipta di babak pertama. Skor imbang 0-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, barulah skuad asuhan Bojan Hodak keluar dari formasi pertahanannya. David da Silva dan Ciro Alves mulai mengancam gawang Madura United yang dijaga oleh Lucas Frigeri lewat serangan-serangan cepat dan mematikan.

Serangan-serangan Persib mulai membuahkan hasil. Di menit ke-60, Ciro berhasil bebas dari kawalan bek Madura United dan melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti. Namun, bola masih dapat ditahan Frigeri. Sayangnya, David da Silva berada dalam posisi yang memungkinkan untuk menendang bola ke arah gawang yang sudah tak terjaga.

Bola masuk dengan mudah ke gawang Madura United dan mengubah skor menjadi 1-0. Gol kedua dan ketiga bagi Persib Bandung tercipta lewat kaki Marc Klok dan Beckham Putra. Gol Beckham dan Klok tak lepas dari Ciro yang menjadi pengumpan untuk gol-gol tersebut.

Sementara itu, Madura United mendapatkan hadiah penalti menjelang beberapa detik sebelum laga berakhir. Slamet Nurcahyono berhasil menjalankan tugasnya sebagai eksekutor dan merubah skor menjadi 3-1.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler