Senin, Mei 27, 2024

Sedang Promil? 4 Daftar Makanan Promil ini Ternyata Penuh Gizi

Ragam, Jabarupdate: Sedang promil? Ada empat daftar makanan yang penuh gizi yang cocok dikonsumsi saat promil.

Makanan bukan hanya sekadar bahan bakar untuk tubuh, tetapi juga merupakan sumber nutrisi penting yang membantu mendukung kesehatan reproduksi dan meningkatkan kesuburan.

Ketika promil (program hamil) sangat penting untuk memilih makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral yang mendukung kesehatan reproduksi dan membantu menciptakan lingkungan yang optimal bagi pembuahan dan perkembangan janin.

Melansir dari berbagai laman, terdapat empat makanan yang penuh gizi yang cocok dikonsumsi saat promil.

Kacang – kacangan

Kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi ketika promil karena mengandung berbagai zat yang baik untuk kehamilan, seperti serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan protein nabati.

Protein nabati membantu dalam pembentukan hormon reproduksi dan perkembangan sel telur yang sehat.

Selain itu, serat pada kacang juga baik membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatur kadar gula darah.

Ikan

Mengonsumsi ikan saat promil memang disarankan oleh para dokter, seperti salmon, makarel, dan sarden, kaya akan asam lemak omega-3, protein, dan vitamin D.

Kandungan Asam lemak dan omega-3 yang terdapat pada ikan mempunyai banyak manfaat, yakni meningkatkan kesehatan sel telur, meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, dan membantu mengatur siklus menstruasi.

Namun, hal yang perlu diingat mengonsumsi ikan harus yang matang agar tidak terkena penyakit yang merugikan sang ibu serta calon anak.

Alpukat

Buah ini memang disarankan oleh dokter untuk para pasutri yang ingin melakukan promil. Alpukat kaya akan asam lemak omega-3, yang bermanfaat untuk keseimbangan hormon reproduksi, kesehatan sel telur, dan perkembangan janin.

Selain itu, alpukat mengandung vitamin E, yang merupakan antioksidan penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Vitamin E juga dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pada pria.

Alpukat merupakan sumber yang baik untuk folat, yang merupakan nutrisi penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan kangkung mengandung folat, zat besi, kalsium, dan antioksidan.

Kandungan folat adalah nutrisi kunci yang diperlukan selama promil karena membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin. Serta  mendukung pembentukan sel telur yang sehat.

Pada sayur hijau juga mempunyai kandungan kalsium membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sementara antioksidan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler