Tol Getaci Lewati 4 Kecamatan di Kota Tasikmalaya, Ini Daftarnya

Tol Getaci Lewati
Proyek Tol Getaci Dimulai Tahun Ini, Bakal Lewati 4 Kecamatan di Kota Tasikmalaya/Net


Kota Tasikmalaya, Jabarupdate: Pembangunan Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap atau Getaci akan lewati 4 kecamatan di Kota Tasikmalaya.

Pemerinth melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Erumahan Rakyat (PUPR) sudah memastikan pembangunan jalan bebas hambatan ini bakal dimulai pada tahun ini.

Getaci ini, akan menjadi jalan tol terpanjang dan termahal di Indonesia. Total panjang jalan ini yaitu, 206,65 kilometer. Pembangunan jalan tol Getaci pun memiliki nilai investasi sebesar Rp 56 triliun dari konsorsium swasta.

Pembangunan jalan tol Getaci dimulai dari titik awal Gedebage. Kemudian akan melewati Majalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, dan Pangandaran. Lalu, berlanjut ka Cilacap, Jawa Tengah.

Jalu tol Getaci ini akan lewati 4 kecamatan di Kota Tasikmalaya. Berikut daftarnya:

1. Kecamatan Mangkubumi
Jalan tol Getaci akan melewati wilayah Mangkubumi. Ada tiga kelurahan yang dilalui, Kelurahan Karikil, Cigantang, dan Sambong Jaya.

2. Kecamatan Kawalu
Kemudian, daerah yang akan dilewati tol Getaci adalah Kecamatan Kawalu. Wilayah meliputi Kelurahan Gunung Tandala, Karang Anyar, Cilamajang, dan Kelurahan Karsamenak.

3. Kecamatan Cibeureum
Selanjutnya, ada dua kelurahan yang akan dilewati tol Getaci, yakni Kelurahan Ciherang dan Ciakar.

4. Kecamatan Tamansari
Jalan tol Getaci akan melewati Kecamatan Tamansari. Enam kelurahan di Tamansari yang akan dilalui Getaci yaitu, Kelurahan Setiamulya, Taman Jaya, Mulyasari, Suka Hurip, Mugar Sari, dan Sumelap.

Itulah beberapa Kecamatan, Kelurahan, dan Desa di Kota Tasikmalaya yang akan terkena proyek jalan tol Gedebage, Tasikmalaya, dan Cilacap atau Getaci.

Tahap Pembangunan Tol Getaci

Pada 24 Februari 2022 lalu, progres pembangunan jalan tol ini sudah penetapan lokasi (penlok). Tahap pertama oleh Gubernur Jawa Barat.

Sekarang sedang mengurus penlok dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah. Setelah tahap penlok selesai. Kemudian ada proses pengadaan tanah seperti sosialisasi lalu musyawarah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan, meskipun pembangunan Tol Getaci dimulai pada 2022 ini diharapkan dapat rampung pada 2024 untuk pembangunan tahap pertama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article
Dedi Mulyadi digugat cerai

Dedi Mulyadi Digugat Cerai Istri, Anne Ratna Mustika

Next Article
Cipayung Plus Kuningan

Cipayung Plus Kuningan Gelar Aksi Pasang Bendera Kuning di Depan Kantor Setda

Total
0
Share