Senin, Mei 27, 2024

Andi Amran Sulaiman Telah Resmi Dilantik Sebagai Menteri Pertanian Oleh Presiden Joko Widodo

Nasional, Jabarupdate: Rabu (25/10/2023) pagi hari di istana negara, Jakarta, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Andi Amran Sulaiman menjadi menteri pertanian (mentan).

Pelantikan tersebut mengacu pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101/P Tahun 2023, yang berisi tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju pada Sisa Masa Jabatan Periode 2019-2024.

Pembacaan Keppres tersebut dilakukan oleh Nani Purwati selaku Deputi Bidang Administrasi Aparatur, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Usai pembacaan Keppres, kemudian Andi Amran Sulaiman menirukan pembacaan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Sumpah yang diucapkan berisi tentang sumpah setia terhadap UUD 1945, dan sumpah menjalankan peraturan undang-undang demi darma bakti terhadap bangsa dan negara.

Selain itu, sumpah yang diucapkan juga berisi tentang sumpah bahwa akan menjunjung tinggi etika dalam menjalankan tugas.

Serta akan bekerja dengan baik dan penuh tanggung jawab pada tugas jabatan yang dijalankan.

‚ÄúDemi Allah, saya akan setia terhadap UUD 1945. Dan saya akan menjalankan semua peraturan perundang-undangan selurus-lurusnya demi darma bakti saya terhadap bangsa dan negara,” ucap Amran

Dilantiknya Andi Amran Sulaiman menjadi Menteri pertanian ini menggantikan kedudukan Syahrul Yasin Limpo yang telah mengundurkan diri pada awal bulan ini.

Dalam kabinet kerja pada periode pertama presiden Joko Widodo sejak 2014 sampai 2019, Amran juga sempat menduduki jabatan menteri pertanian.

Eko Listiyanto selaku Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai keputusan Joko Widodo menunjuk Amran menjadi mentan kembali adalah keputusan tepat.

Ia melihat Amran adalah orang yang punya pengalaman dalam bidang pertanian, hal itu karena Amran sempat menjabat sebagai mentan sebelumnya.

Sejumlah pihak tampak hadir dalam pelantikan Amran sebagai menteri pertanian ini, antara lain ada Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Kemudian ada Pramono Anung selaku Sekretaris Kabinet (Seskab), Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan juga Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler