Ridwan Kamil Gandeng Bonge Saat Resmikan Situ Rawa Kalong

Situ Rawa Kalong
Gubernur Jawa Barat dan Bonge saat Meresmikan Situ Rawa Kalong, Depok/Humas Jabar

Depok, Jabarupdate: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong yang berada di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Depok pada Jumat (5/8/2022) kemarin.

Peresmian situ tersebut, menyita perhatian warga sekitar. Pasalnya, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, itu menggandeng ikon Citayam Fashion Week, Bonge.

Emil sengaja mengajak Bonge, lantaran situ ini merupakan sebuah ruang publik bagi warga Depok, Jawa Barat.

“Peresmian tempat ini sebagai upaya kerja sama Pemerintah Depok dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membuat ruang publik bagi warga Depok,” kata Ridwan Kamil.

Ia mengatakan, tujuan revitalisasi Situ Rawa Kalong ini juga dalam upaya menjaga keseimbangan hidup selama di dunia.

“Kira-kira hidup itu harus seimbang, adakalanya bekerja dan ada waktunya harus menghabiskan waktu bersama keluarga atau rekreasi dengan tempat yang tak jauh dari warga Depok,” tutur Gubernur Jawa Barat tersebut.

Situ Rawa Kalong Sumber Kekayaan

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil menjelaskan, banyaknya situ atau danau membuat Depok memiliki banyak sumber kekayaan juga.

Emil menuturkan bahwa revitalisasi Situ Rawa Kalong bukan yang pertama. Tentu masih banyak revitalisasi situ-situ lain yang akan ia lakukan.

“Insyaallah, ke depannya. Kita akan bertahap untuk memperbaiki situ-situ yang lainnya,” jelas dia.

Ridwan Kamil mempersilahkan kepada warga Depok untuk berekspresi di situ yang telah ia resmikan tersebut. Namun dengan catatan ll tidak mengganggu kepentingan dan selalu menjaga ketertiban umum.

“Apapun itu, termasuk penampilan busana silakan saja. Yang terpenting adalah jaga kebersihan dan mematuhi aturan Kota Depok,” terang Kang Emil.

Ia menjelaskan, konsep panggung mengapung di atas situ atau danau ini merupakan yang pertama di Kota Depok, bahkan sangat jarang di Indonesia.

Bonge selaku selebgram yang viral dengan aksinya di Citayam Fashion Week turut serta memeriahkan peresmian tersebut.

“Jujur saya ngefans sama Pak Gubernur. Terima kasih pak. Diucapkan terima kasih juga buat Pak Wali Kota,” kata Bonge sambil cengengesan.

Situ Rawa Kalong yang Emil resmikan memiliki luas 8,25 hektare. Kini, situ ini telah dilengkapi dengan panggung terapung yang berada di tengah danau.

Selain itu juga, revitalisasi ini menghabiskan anggaran pada tahun 2019 sebanyak Rp 37 miliar. Pada tahun 2021 sebanyak Rp 15 miliar, dan pada tahun 2022 mencapi Rp 2,9 miliar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article
Website Kejari Garut

Website Kejari Garut Diretas, Munculkan Informasi Kasus Brigadir J

Next Article
Bocah asal Ciamis

Ponsel Meledak, Bocah Asal Ciamis Meninggal Dunia

Total
0
Share