Kamis, Juli 18, 2024

Risiko Makan Larut Malam, Waspada Berat Badan Mudah Naik! 

Ragam, Jabarupdate: Berat badan mudah naik tentu menjadi hal yang tidak diinginkan sebagian orang. Berat badan naik dapat terjadi salah satunya karena kebiasaan makan larut malam.

Peningkatan berat badan pada seseorang memang mudah terjadi. Hal ini bisa karena seseorang mengonsumsi lebih banyak kalori tanpa melakukan aktivitas.

Hal ini dapat terjadi kapan saja sepanjang hari, termasuk saat makan malam. Melansir dari laman kesehatan, ada beberapa risiko makan menjelang larut malam.

Menganggu Metabolisme Tubuh

Makan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu metabolisme dan hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang. Hal ini tentu saja membuat seseorang memiliki keinginan untuk makan berlebihan saat malam hari.

Ketika makan terlalu larut dan makan secara berlebihan, sistem metabolisme dan hormon yang seharusnya beristirahat akan bekerja untuk mengolah makanan. Saat makan larut malam telah menjadi kebiasaan, sistem metabolisme tubuh akan terganggu.

Menurunnya Kualitas Tidur

Ketika seseorang memilih untuk mengonsumsi makan larut malam tentu jam tidurnya pun akan mengalami perubahan. Hal ini karena sistem pencernaan harus mengolah makanan yang telah masuk.

Proses mengolah makanan di malam hari jauh lebih lama daripada makan di siang hari.

Apalagi mengonsumsi makan malam dengan
tinggi kalori, lemak jenuh, dan gula olahan tentu proses mengolah di sistem pencernaan akan lama. Hal ini menyebabkan seseorang untuk terjaga lebih lama di malam hari.

Berat Badan Naik Cepat

Makan larut malam ternyata menyebabkan berat badan naik dengan cepat. Hal ini karena tubuh mengonsumsi makanan. Masih melansir dari laman yang sama, berat badan dapat naik drastis saat mengonsumsi makanan dengan jumlah banyak.

Seperti, makanan yang memiliki karbohidrat tinggi, lemak jenuh, kalori tinggi, dan gula olahan.

Makan malam secara tidak langsung dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, beberapa faktor yang terkait dengan makan malam, seperti makan larut malam, memilih makanan tidak sehat, porsi besar, dan kurang aktivitas fisik, dapat berkontribusi pada kenaikan berat badan.

Oleh karena itu, apabila saat malam memiliki keinginan makan malam, hendaknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, lemak jenuh, kalori tinggi, dan gula olahan tinggi.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler