Sabtu, Juli 13, 2024

Jangan Tutup Mata! Orang Tua Wajib Tahu Alasan Pisang Tidak Boleh untuk Bayi 6 Bulan

Parenting, Jabarupdate: Jangan tutup mata, para orang tua wajib mengetahui alasan pisang tidak boleh dikonsumsi untuk bayi enam bulan ataupun di bawah enam bulan.

Sebagian orang tua dahulu percaya bayi yang menangis terus-menerus merupakan tanda bahwa bayi sedang kelaparan.

Alhasil, bayi pun diberi makanan seperti, buah pisang pun diberikan kepada sang bayi. Hal ini tentu sampai sekarang, ada sebagian orang tua masih percaya untuk memberikan bayi enam bulan atau di bawah enam bulan pisang.

Pisang memang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti, karbohidrat, serat, kalium, vitamin B6, vitamin C, dan antioksidan.

Namun, pemberian pisang sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayi usia di bawah enam bulan atau enam bulan sangat tidak dianjurkan tanpa berkonsultasi ke dokter. Melansir dari laman kesehatan, ada beberapa alasan bayi di bawah enam bulan atau enam bulan belum boleh mengonsumsi pisang.

Gangguan Pencernaan

Pada bayi yang mempunyai usia di bawah enam bulan, faktanya belum memiliki saluran pencernaan yang optimal. Pemberian MPASI, apalagi yang kaya akan serat seperti pisang, bisa meningkatkan risiko terjadinya diare dan sejumlah gangguan pencernaan lain.

Tidak hanya itu, bayi yang berusia enam bulan pun akan sama mengalami masalah yang sama. Hal ini karena pisang merupakan makanan padat, berbeda dengan ASI ataupun susu formula.

Kekurangan Nutrisi dan Kalori

Pada bayi yang mempunyai usia di bawah 6 bulan, ASI sudah memiliki komposisi terbaik sebagai makanan bayi.

Meski tampak lebih mengenyangkan perut, makanan padat yang diberikan terlalu dini justru tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk bayi.

Pemberian MPASI pada usia ini justru bisa membuat bayi mengalami kekurangan atau kelebihan kalori dan nutrisi.

Contohnya, saat orang tua memberikan pisang untuk buah hati di waktu yang tidak tepat, bayi akan berisiko mengalami berat badan berlebih atau obesitas karena buah ini mengandung gula yang cukup tinggi.

Tersedak

Walaupun pisang sudah dilembutkan menjadi seperti bubur, buah pisang tetaplah makanan padat yang teksturnya tidak bisa menyerupai ASI atau susu formula.

Umumnya, bayi di bawah 6 bulan belum memiliki kemampuan untuk menelan dan mengunyah dengan baik, sehingga pemberian MPASI pada usia ini justru dapat membahayakannya.

Makanan padat selembut apa pun berisiko membuat bayi berusia enam bulan atau di bawah enam bulan, tersedak dan menyumbat saluran pernapasannya.

Bila tidak segera mendapatkan pertolongan, bayi bisa mengalami kesulitan bernapas dan terancam nyawanya.

Itulah mengapa di Indonesia banyak kasus pemberian pisang pada bayi di bawah enam bulan yang berujung pada kematian.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler