Minggu, Juli 21, 2024

Simak Kombinasi Makanan dan Minuman Berbahaya untuk Bayi, Orang Tua Wajib Tahu!

Editor:Hilmi

Parenting, Jabarupdate: Simak kombinasi makanan dan minuman yang berbagai untuk bayi. Para orang tua wajib tahu, agar sang buah hati tidak mengalami alergi atau penyakit lainnya.

Merawat bayi bukanlah hal yang mudah. Perlu perhatian, kesabaran, dan dedikasi yang besar. Salah satu yang penting diperhatikan orang tua dalam proses ini adalah mengenai pemilihan makanan untuk sang bayi.

Asupan makanan yang menentukan tumbuh kembang bayi. Oleh karena itu, setiap orang tua perlu memastikan bayinya mendapat asupan yang sehat dan bergizi.

Melansir dari laman kesehatan, rupanya ada beberapa kombinasi makanan dan minuman yang berbahaya ketika dicampurkan dan dikonsumsi oleh bayi.

Susu dan Daging

Susu dan daging merupakan sumber protein dan kalsium yang sangat baik. Sayangnya, menggabungkan susu dan daging dalam waktu bersamaan akan membuat bayi kesulitan untuk mencernanya.

Menurut penelitian yang dilansir dari laman yang sama, kandungan protein pada daging
memerlukan asam agar dapat terurai dengan baik, sedangkan kalsium dalam produk susu memerlukan lingkungan basa.

Apabila kedua kandungan tercampur, tentu saja dapat saling menetralkan dan membuat tubuh sulit menyerap nutrisi. Tidak hanya itu,
menggabungkan kedua makanan ini juga bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Madu dan Air

Para orang tua tentu pernah berpikir bahwa madu digunakan sebagai pemanis pengganti gula. Walaupun madu dianggap lebih sehat, tetapi madu sebaiknya tidak diberikan kepada bayi di bawah usia satu tahun.

Sebab, madu dapat mengandung bakteri clostridium botulinum yang menyebabkan botulisme pada bayi karena sistem pencernaan mereka belum cukup matang untuk melawan bakteri ini.

Campuran madu dengan air pun dianggap lebih berbahaya karena menciptakan spora bakteri berkembang biak. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua fokus memberikan ASI eksklusif atau susu formula saja.

Buah dan Susu

Buah-buahan dan susu memang mengandung banyak nutrisi yang bisa menyehatkan dan membantu pertumbuhan anak. Namun, kombinasi dua bahan ini tidak disarankan untuk dimasukkan dalam makanan bayi.

Pasalnya, asam pada buah-buahan dapat menyebabkan susu mengental di perut sehingga bisa memicu masalah pencernaan seperti kembung dan sakit perut.

Agar aman, berikan jeda antara konsumsi buah dan susu sehingga bayi bisa mencernanya terlebih dahulu.

Nah, itulah sejumlah kombinasi makanan dan minuman yang berbahaya bagi bayi. Orang tua wajib ingat dan hati-hati memberikan makan untuk bayi.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler